Jumat, 03 Januari 2014

(TULISAN 17) Masih Bisa Untungkah Investasi Saham Tahun Depan?

Diposting oleh annisayuliawatii di 06.43


Investasi saham tahun depan diproyeksi bakal bisa positif mengekor pada kondisi perekonomian yang juga diperkirakan bisa lebih baik dibanding tahun ini.
Ketidakpastian soal pengurangan stimulus oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Fed telah berakhir. Hal ini menjadi sentimen positif pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Namun, apakah investasi saham di tahun depan bakal mencetak untung?
"Tergantung kondisi makro. Tapi IHSG tahun depan tidak akan terlalu fluktuatif, jadi investasi di saham masih bisa positif," ujar Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada saat dihubungi detikFinance di Jakarta, Selasa (24/12/2013).
Dia menjelaskan, pergerakan IHSG tahun depan diperkirakan bakal lebih baik dengan catatan kondisi ekonomi makro membaik, seperti nilai tukar rupiah stabil, dan pemerintah mampu menekan angka defisit neraca transaksi berjalan.
"Ekonomi makro sangat menentukan pergerakan indeks saham kita," kata Reza.
Dia mencontohkan, untuk investasi reksa dana saham, meskipun tahun ini mencatatkan rapor merah hingga minus 3-4%, namun di tahun depan reksa dana saham diramalkan bakal mencetak return positif.
"Reksa dana saham tahun ini minus 3-4%, tahun depan berharap lebih baik, minimal bisa positif 2-3%," ujar dia
Reksa dana campuran pun masih membukukan kinerja negatif. Reza menyebutkan, rata-rata kinerja reksa dana jenis ini minus 1,5% di tahun ini. Faktor ekonomi makro ternyata masih jadi penyebabnya.
"Tahun depan kemungkinan bisa positif 2-3%," kata dia.
Kinerja reksa dana pendapatan tetap lebih melorot. Kata Reza, reksa dana dengan acuan obligasi ini mencatatkan minus hingga 4,5% tahun ini. Harga obligasi yang terus jatuh membuat kinerja reksa dana jenis ini ikutan negatif.
"Tahun depan masih akan recovery terutama karena harga obligasi belum membaik," cetusnya.
Namun, masih ada yang mencatatkan kinerja positif yaitu reksa dana pasar uang. Menurut Reza, reksa dana jenis ini mencatatkan kinerja positif 6-6,5% di tahun ini.
"Tahun depan nggak akan jauh beda, mungkin bisa bergerak ke angka 6-7%," pungkasnya.





Analisis :
Tulisan diatas merupakan sebuah informasi yang akan menjelaskan kepada para pembaca tentang perkiraan yang berhubungan dengan investasi saham di tahun depan apakah akan menguntungkan atau tidak. Menurut tulisan diatas bahwa Investasi saham tahun depan diproyeksi bakal bisa positif mengekor pada kondisi perekonomian yang juga diperkirakan bisa lebih baik dibanding tahun ini.Kepala Riset Trust Securities juga berpendapat bahwa menguntungkan atau tidaknya itu tergantung pada kondisi makro. Tapi IHSG tahun depan tidak akan terlalu fluktuatif, jadi investasi di saham masih bisa positif. Kepala Riset Trust Securities juga memperjelas bahwa Ekonomi makro lah yang sangat menentukan pergerakan indeks saham.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Annisa Yuliawati Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea