Minggu, 07 Oktober 2012

Pemahaman Koperasi dilihat dari Beberapa Pendekatan

Diposting oleh annisayuliawatii di 00.33

Mengenai penjenisan koperasi ini, jika ditinjau dari berbagai sudut pendekatan maka, dapat diuraikan sebagai berikut:
A.  Berdasarkan pendekatan sejarah timbulnya gerakan koperasi, maka dikenal jenis-jenis koperasi seperti berikut :
1. Koperasi konsumsi
2. Koperasi kredit
3. Koperasi produksi

B.  Berdasarkan pendekatan menurut lapangan usaha dan atau tempat tinggal para anggota, maka dikenal beberapa jenis koperasi antara lain :

Koperasi Desa
Adalah koperasi yang anggota-anggotanya terdiri dari penduduk desa yang mempunyai kepentingan-kepentingan yang sama dalam koperasi dan menjalankan aneka usaha dalam suatu lingkungan tertentu. Untuk suatu daerah kerja tingkat desa, sebaiknya hanya ada satu koperasi desa yang tidak hanya menjalankan kegiatan usaha bersifat single purpose, tetapi juga kegiatan usaha yang bersifat multi purpose (serba usaha) untuk mencukupi kebutuhan para anggotanya dalam satu lingkungan tertentu, misalnya:
a.    Usaha pembelian alat-alat tani
b.    Usaha pembelian dan penyaluran pupuk
c.    Usaha pembelian dan penjualan kebutuhan hidup sehari-hari

Koperasi Unit Desa
Koperasi unit desa ini berdasar intruksi Presiden Republik Indonesia No.4 Tahun 1973, adalah merupakn bentuk antara dari Badan Usaha Unit Desa (BUUD) sebagai suatu lembaga ekonomi berbentuk koperasi, yang dalam perkembangannya kemudian dilebur atau disatukan menjadi satu KUD. Dengan keluarnya intruksi Presiden RI No. 2 tahun 1978, KUD bukan lagi merupakn bentuk antara dari BUUD tetapi telah menjadi organisasi ekonomi yang merupakan wadah bagi pengembangan berbagai kegiatan maasyarakat pdesaan itu sendiri serta memberikan pelayanan dan masyarakat pedesaan.

Koperasi Konsumsi
Koperasi yang anggotanya terdiri dari tiap-tiap orang yang mempunyai kepentingan langsung dalam lapangan konsumsi. Koperasi jenis ini biasanya menjalankan usaha untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari para anggotanya dan masyarakat sekitarnya.

Koperasi Pertanian (KOPERTA)
Koperasi yang anggotanya terdiri dari para petani pemilik tanah atau buruh tani dan orang-orang yang berkepentingan serta bermata pencaharian yang berhubungan dengan usaha-usaha pertanian.

Koperasi Peternakan
Anggotanya terdiri dari peternak, pengusaha peternakan, yang berkepentingan serta bermata pencaharian yang berhubungan dengan soal-soal peternakan.

Koperasi Perikanan
Anggotanya terdiri dari para peternak ikan, pengusaha perikanan, dan sebagian yang brkepentingan dengan mata pencaharian soal-soal perikanan.

Koperasi Kerajinan atau Koperasi Industri
Anggotanya terdiri dari para pengusaha kerajianan atau industri dan buruh yang berkepentingan serta mata pencahariannya langsung berhubungan dengan kerajinan atau industri.

Koperasi Simpan Pinjam atau Koperasi Kredit
Koperasi yang anngotanya terdiri dari orang-orang yang mempunyai kepentingan langsung dalam soal-soal prkreditan atau simpan pinjam.

C.   Berdasarkan pendekatan sifat khusus dari aktifitas dan kepentingan ekonominya, maka dikenal jenis-jenis koperasi seperti antara lain :
a. koperasi batik
b. bank koperasi
c. koperasi asuransi, dsb












0 komentar:

Posting Komentar

 

Annisa Yuliawati Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea