Jul 15, Posted by M. Arief A. Bisma
Perkembangan
internet menyebabkan terbentuknya sebuah dunia baru yang lazim disebut dunia
maya. Di dunia maya ini setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk
berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat
menghalanginya. Sehingga globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di
dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek
kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis
merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi
informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.
Melalui
e-commerce, untuk pertama kalinya seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan
dan peluang yang sama agar dapat bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya.
E-commerce adalah suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronik yang
memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan
internet (teknologi berbasis jaringan digital) sebagai medium pertukaran barang
atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business) dan konsumen
langsung (business to consumer), melewati kendala ruang dan waktu yang selama
ini merupakan hal-hal yang dominan. Pada masa persaingan ketat di era
globalisasi saat ini, maka persaingan yang sebenarnya adalah terletak pada
bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan e-commerce untuk meningkatkan
kinerja dan eksistensi dalam bisnis inti.
Dengan
aplikasi e-commerce, seyogyanya hubungan antar perusahaan dengan entitas
eksternal lainnya (pemasok, distributor, rekanan, konsumen) dapat dilakukan
secara lebih cepat, lebih intensif, dan lebih murah daripada aplikasi prinsip
manajemen secara konvensional (door to door, one-to-one relationship). Maka
e-commerce bukanlah sekedar suatu mekanisme penjualan barang atau jasa melalui
medium internet, tetapi juga terhadap terjadinya sebuah transformasi bisnis
yang mengubah cara pandang perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya. Membangun
dan mengimplementasikan sebuah system e-commerce bukanlah merupakan proses
instant, namun merupakan transformasi strategi dan system bisnis yang terus
berkembang sejalan dengan perkembangan perusahaan dan teknologi.
Analisis
:
Menurut analisis
saya tulisan diatas dilatar belakangi oleh perkembangan internet yang
menyebabkan terbentuknya sebuah dunia baru yang lazim disebut dunia maya.
Melalui e-commerce, untuk pertama kalinya seluruh manusia di muka bumi memiliki
kesempatan dan peluang yang sama agar dapat bersaing dan berhasil berbisnis di
dunia maya. Dampak yang timbulkan terhadapat masyarakat adalah masyarakat
menjadi masyarakat yang konsumtif akan perjualan barang di dunia maya, semakin
rendahnya ketrtarikan masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional dan
bukan hanya itu tetapi juga berdampak terhadap terjadinya sebuah transformasi
bisnis yang mengubah cara pandang perusahaan dalam melakukan aktivitas
usahanya.
0 komentar:
Posting Komentar