Jumat, 01 November 2013

(TULISAN 6) Korupsi Akar Permasalahan Negara Kita

Diposting oleh annisayuliawatii di 02.03


| 29 October 2013 | 18:33  


Kemiskinan yaitu suatu permasalahan dimana individu ataupun kelompok tidak dapat memenuhi kebutuhannya. Permasalahan tersebut seringkali muncul di negara berkembang apalagi negara miskin yang sudah jelas negara tersebut kekurangn secara financial. Kita ambil contoh negara berkembang yang tingkat kemiskinannya cukup tinggi yaitu negara Indonesia yang sudah berabad-abad dihantui oleh masalah kemiskinan yang tak kunjung teratasi. Telah banyak cara yang dilakukan pemerintah untuk mengatasinya namun tak ada hasil yang memuaskan. Mungkin karena Indonesia negara yang luas sehingga distribusi bantuan untuk rakyat tidak tersampaikan secara merata atau karena ada pihak tertentu yang memanfaatkan kesempatan untuk berbuat licik sehingga program tersebut tidak dapat terlaksana dengan baik. Tidak menutup kemungkinan penyelewengan itu terjadi,terbukti dengan ditangkapnya pejabat-pejabat tinggi akibat tindakan korupsi. Pejabat tinggi saja berani melakukan hal tersebut apalagi pejabat daerah. Walaupun sedikit korupsi yang dilakukan pejabat daerah namun berdampak buruk terhadap perkembangan negara kita. Korupsi berdampak sangat buruk terhadap negara kita yaitu selain terjadinya kemiskinan,akar dari masalah kemiskinan tersebut akan berdampak pada masalah pendidikan, pengangguran dan kejahatan lainnya. Sehingga akan menjadikan Indonesia semakin terpuruk dan hanya akan menjadi negara berkembang dan tak akan menjadi negara maju seperti Jepang,Amerika Serikat. Terlihat dari sistem Indonesia yang seakan-akan tidak dipedulikan oleh banyak pihak. Peraturan Undang-Undang disusun sehingga membuat masyarakat semakin bingung namun tidak ada realisasi yang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat. Pendidikan yang seharusnya menjadi modal utama dalam mencetak generasi muda yang cerda dan bertakwa seoalah ditutupi oleh benteng perekonomian yang menghalangi mereka untuk dapat mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.
Seharusnya pemerintah dapat mengatasi masalah pendidikan sehingga tidak ada lagi orang yang menganggur,jika orang-orang mendapatkan pekerjaan yang layak mereka akan dapat memenuhi kebutuhannya, bukan rakyat saja yang merasa diuntungkan tentu saja negara pun turut diuntungkan karena pendapatan negara akan meningkat dari pajak yang didapat dari rakyat. Jika pendapatan negara terus meningkat maka kemiskinan akan teratasi,tetapi masalah besar yang dihadapi Indonesia saat ini yaitu mengenai pejabat tinggi yang tidak memiliki etika, yang seenaknya mempermainkan rakyat kecil. Seharusnya negara itu lebih tegas mengatasi masalah pejabat yang tidak beretika dan hukum tersebut haruslah buta jangan melihat citra martabat dan jabatan seseorang jika negara kita ingin maju. Karena keberhasilan suatu negara dalam menata negaranya itu yang utama dilihat dari pejabatnya selanjutnya dari rakyatnya. Jika dua komponen tersebut baik maka negara tersebut akan maju dan masalah yang dihadapi suatu negara akan  cepat teratasi.


Analisis:
Tulisan diatas menjelaskan tentang korupsi yang sampai saat ini masih menjadi masalah yang paling signifikan di negara kita. Di dalam tulisan diatas dijelaskan bahwa akar masalah negara kita yaitu korupsi yang berawal dari kemiskinan. Meskipun telah banyak cara dilakukan oleh pemerintah untuk memberantas korupsi akan tetapi hasilnya tidak pernah memuaskan. Korupsi masih sering terjadi baik dari kalangan pejabat daerah sampai pejabat-pejabat tinggi dan korupsi membawa dampak buruk untuk negara kita sendiri. Tulisan ini juga menyampaikan pesan bahwa negara itu haruss bisa lebih tegas mengatasi masalah pejabat yang tidak beretika dan hukum tersebut haruslah buta jangan melihat citra martabat dan jabatan seseorang jika negara kita ingin maju. Karena keberhasilan suatu negara dalam menata negaranya itu yang utama dilihat dari pejabatnya selanjutnya dari rakyatnya. Jika dua komponen tersebut baik maka negara tersebut akan maju dan masalah yang dihadapi suatu negara akan  cepat teratasi.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Sebenarnya bukan hanya pejabat negara saja yang melakukan tindakan korupsi tetapi masyarakat biasa pun dapat melakukanya namun bukan dalam ruang lingkup pemerintahan, jadi untuk membasmi korupsi haru dimulai dari akarnya dulu baru tangkainya.

Unknown mengatakan...

Sebenarnya bukan hanya pejabat negara saja yang melakukan tindakan korupsi tetapi masyarakat biasa pun dapat melakukanya namun bukan dalam ruang lingkup pemerintahan, jadi untuk membasmi korupsi haru dimulai dari akarnya dulu baru tangkainya.

Posting Komentar

 

Annisa Yuliawati Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea