Selasa, 26 Juni 2012

Gelombang Laut Banten Selatan Meningkat

Diposting oleh annisayuliawatii di 20.52

Liputan6.com, Serang: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Serang memprakirakan tinggi gelombang laut di perairan Banten bagian selatan selama dua hari ke depan mencapai 2,5 meter. Demikian dikatakan Koordinator Analis Cuaca Unit BMKG Serang Halim Perdanakusumah di Serang, Banten, Selasa (26/6).

"Kecepatan anginnya rata-rata 30 kilometer per jam dan kami minta nelayan serta kapal tongkang tidak melaut, karena cuaca laut Banten bagian selatan bisa memburuk," kata Halim. "Selama beberapa hari ke depan angin di perairan laut Banten bagian selatan berkisar antara tiga sampai 15 knot atau 30 km/jam."

Dikatakan Halim, tiupan angin bergerak dari timur dengan jarak pandang empat sampai delapan kilometer. Tinggi gelombang laut di Banten bagian selatan berkisar 1,0 meter sampai 2,5 meter dan gelombang bergerak dari tenggara.

"Sedangkan, tinggi gelombang di perairan laut Banten bagian utara berkisar 0,3 meter hingga 0,8 meter, dengan arah angin dari timur. Suhu udara pada siang hari antara 23 hingga 32 derajat Celcius," kata Halim.

Selain itu, kata Halim, tingkat kelembaban udara antara 50 sampai 93 persen. Selama ini cuaca perairan laut Banten bagian selatan meliputi Pantai Carita, Labuan, Panimbang, Tanjunglesung, Sumur, Binangeun, Panggarangan, Sukahujan, Bayah, Sawarna hingga Pelabuhanratu, Sukabumi, dinyatakan waspada bagi nelayan dan pelaku pelayaran.

Menurut Halum, tinggi gelombang 2,5 meter dan angin 30 km/jam bisa menimbulkan kecelakaan laut, khususnya nelayan dan kapal tongkang. Apalagi, sebagian besar nelayan di pesisir Banten bagian selatan menggunakan perahu kincang atau di bawah 5 GT.

"Kami minta nelayan perahu kecil tidak menangkap ikan guna mencegah kecelakaan laut karena tinggi gelombang mencapai 2,5 meter dan kecepatan angin 30 km/jam, kondisi ini tentu sangat membahayakan," kata Halim. "BMKG mengeluarkan peringatan kewaspadaan bagi nelayan dan pelaku pelayaran di perairan Banten bagian selatan."

Peringatan tersebut sudah disampaikan kepada pangkalan pendaratan ikan (PPI) Pelabuhan Merak, Polairud, dan pemerintah daerah. "Kami juga meminta wisatawan untuk tidak berenang di perairan laut Banten bagian selatan," ujarnya.(ANT/SHA)



Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Annisa Yuliawati Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea