Kegiatan kemahasiswaan secara umum
menfasilitasi minat dan kapasitas mahasiswa dalam hal pengembangan diri,
kemampuan dan bakat, seni dan olah raga, serta kepedulian sosial. Kegiatan
kemahasiswaan tersebut difasilitasi dan didukung penuh oleh Lembaga
Kemahasiswaan sesuai dengan kebijakan atau pedoman yang telah ditetapkan.
Kehidupan kemahasiswaan yang berkualitas tersebut tidak jarang menghasilkan
karya mahasiswa yang memperoleh prestasi nasional dan internasional. Juara
dunia merakit komputer, juara nasional paduan suara, juara overlocking atau
programming, juara kontes robot, juara kontes pasar modal, merupakan beberapa
contoh prestasi mahasiswa yang diawali dari keterlibatannya dalam Unit Kegiatan
Mahasiswa.
Beberapa UKM di olah raga diantaranya :
- Catur
- Bridge
- Sepakbola
- Futsal
- soft ball
- volley ball
- tenis meja
- taekwondo
- karate
- silat, dsb
UKM
bidang seni diantaranya paduan suara, teater dan fotografi. Beberapa contoh UKM
di bidang ilmiah diataranya kelompok studi linux, web development, robot,
ekonomi syariah, serta puisi dan sastra. Lembaga Kemahasiswaan beserta semua
unit kegiatan mahasiswa tersebut diberikan fasilitas ruang perkantoran di
kampus.
Kegiatan kemahasiswaan yang berkaitan
dengan pengabdian masyarakat pun selalu dilaksanakan secara rutin dan
berkelanjutan. Kegiatan tersebut diantaranta adalah :
- bakti sosial
- donor darah
- pengerahan sukarelawan ke daerah bencana
- partisipasi dalam mengatasi keluarga pra sejahtera, serta pengemdangan dan penerapan teknologi tepat guna untuk membangun pemukiman dan pedesaan.
Kegiatan tersebut bisa bersifat local dan
nasional, serta bekerja sama dengan lembaga atau organisasi eksternal terkait.
Kegiatan mahasiswa di dunia maya juga
difasilitas melalui sarana UG Games Zone yang bisa diakses di
http://game.gunadarma.ac.id/">http://game.gunadarma.ac.id. Melalui
situs ini berbagai perlombaan, diantaranya adalah cepat tepat online (http://quiz.gunadarma.ac.id/">http://quiz.gunadarma.ac.id),
catur online, quick blogging, dan quick design. Perlombaan online tersebut
memanfaatkan fasilitas WiFi atau internet Lounge yang berada di masing-masing
kampus.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar